Minggu, 07 Oktober 2012

Larangan membela orang salah


Larangan membela orang salah

Qs. Al-Nisa: 105-108
!$¯RÎ) !$uZø9tRr& y7øs9Î) |=»tGÅ3ø9$# Èd,ysø9$$Î/ zNä3óstGÏ9 tû÷üt/ Ĩ$¨Z9$# !$oÿÏ3 y71ur& ª!$# 4 Ÿwur `ä3s? tûüÏZͬ!$yù=Ïj9 $VJÅÁyz ÇÊÉÎÈ ÌÏÿøótGó$#ur ©!$# ( žcÎ) ©!$# tb%x. #Yqàÿxî $VJŠÏm§ ÇÊÉÏÈ Ÿwur öAÏ»pgéB Ç`tã šúïÏ%©!$# tbqçR$tFøƒs öNæh|¡àÿRr& 4 ¨bÎ) ©!$# Ÿw =Ïtä `tB tb%x. $ºR#§qyz $VJŠÏOr& ÇÊÉÐÈ tbqàÿ÷tGó¡o z`ÏB Ĩ$¨Z9$# Ÿwur tbqàÿ÷tGó¡o z`ÏB «!$# uqèdur öNßgyètB øŒÎ) tbqçGÍhŠu;ム$tB Ÿw 4ÓyÌötƒ z`ÏB ÉAöqs)ø9$# 4 tb%x.ur ª!$# $yJÎ/ tbqè=yJ÷ètƒ $¸ÜŠÏtèC ÇÊÉÑÈ
105.  Sesungguhnya kami Telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang Telah Allah wahyukan kepadamu, dan janganlah kamu menjadi penantang (orang yang tidak bersalah), Karena (membela) orang-orang yang khianat.
106.  Dan mohonlah ampun kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
107.  Dan janganlah kamu berdebat (untuk membela) orang-orang yang mengkhianati dirinya. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang selalu berkhianat lagi bergelimang dosa,
108.  Mereka bersembunyi dari manusia, tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah, padahal Allah beserta mereka, ketika pada suatu malam mereka menetapkan Keputusan rahasia yang Allah tidak redlai. dan adalah Allah Maha meliputi (ilmu-Nya) terhadap apa yang mereka kerjakan.

Asbab al-Nuzul:
ayat Ini dan beberapa ayat berikutnya diturunkan berhubungan dengan pencurian yang dilakukan Thu'mah bin Ubairiq dan ia menyembunyikan barang curian itu di rumah seorang Yahudi. Thu'mah tidak mengakui perbuatannya itu malah menuduh bahwa yang mencuri barang itu orang Yahudi. hal Ini diajukan oleh kerabat-kerabat Thu'mah kepada nabi s.a.w. dan mereka meminta agar nabi membela Thu'mah dan menghukum orang-orang Yahudi, kendatipun mereka tahu bahwa yang mencuri barang itu ialah Thu'mah, nabi sendiri hampir-hampir membenarkan tuduhan Thu'mah dan kerabatnya itu terhadap orang Yahudi.

* Maling teriak maling...

Qs. Al-Anfal: 58
$¨BÎ)ur  Æsù$sƒrB `ÏB BQöqs% ZptR$uŠÅz õÎ7/R$$sù óOÎgøs9Î) 4n?tã >ä!#uqy 4 ¨bÎ) ©!$# Ÿw =Ïtä tûüÏYͬ!$sƒø:$# ÇÎÑÈ
Dan jika kamu khawatir akan (terjadinya) pengkhianatan dari suatu golongan, Maka kembalikanlah perjanjian itu kepada mereka dengan cara yang jujur. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berkhianat.

Asbab al-Nuzul:
Nabi, Jibril, perjanjian: genjatan senjata/damai. Provokasi Abu Sufyan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar